Sablon Plastisol Semarang

Tinta plastisol adalah jenis tinta sablon berbasis minyak (oil base). Berbeda dengan tinta rubber yang berbasis air (water base) yang umum dipakai sabloners. Teknik sablonnya pun secara garis besar sama, perbedaannya hanyalah pada proses pengeringan (curing). Tinta Plastisol tidak akan kering dengan sendirinya hanya dengan diangin-anginkan atau memakai hair dryer biasa. Pengeringan tinta plastisol bisa menggunakan hot gun atau dengan curing untuk hasil yang lebih maksimal.

ThousandDoor adalah salah satu produsen kaos yang menggunakan sablon plastisol di Semarang. Tinta plastisol adalah jenis tinta yang dipakai sebagai standart clothing luar negeri. Untuk dapat kering dengan baik, tinta plastisol mengharuskan suhu mencapai kurang lebih 160 derajat celcius. Suhu ini dapat diperoleh dengan memakai peralatan seperti conveyor curing atau hotgun. Setelah kering dengan sempurna tinta plastisol memiliki karakter yang kuat, solid dan daya rekat yang tinggi. Tidak mudah rusak, awet, tahan lama dan tidak retak, namun akan rusak jika disetrika. Karena pada dasarnya tinta plastisol berbahan plastic, lebih spesifiknya terbuat dari polyvinil chloride (pvc) dan partikel dan plasticizer. Untuk itu pada kaos-kaos yang menggunakan tinta plastisol selalu diberikan label “Do not iron on design”, karena gambar desain akan meleleh jika disetrika secara langsung.

Tinta plastisol dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain : all purpose ink, High Opacity, High Density, Natural Suade, Cork Base, dan lain sebagainya. Kelebihan tinta plastisol adalah dapat membuat efek-efek sablonan yang menakjubkan yang tidak bisa dibuat oleh tinta rubber. Antara lain efek aspal, efek kayu, efek batu karang, caviar, straight up (high density), dll

Berikut adalah perbedaan mencolok Plastisol dibandingkan dengan sablon rubber :

  1. Harga tinta plastisol lebih mahal dibandingkan dengan tinta rubber
  2. Daya tahan lebih kuat, secara hasil dan kualitas lebih mantap plastisol
  3. Plastisol lebih awet dan tahan lama (asal tidak disetrika) dibandingkan rubber yang dalam jarak 5-6 bulan sudah mulai retak.
  4. Plastisol adalah standar sablon clothing di luar negeri
  5. Tidak semua vendor kaos semarang bisa sablon plastisol

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>